KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2023 di Hotel Aston Cirebon, Rabu (20/12/2023).

 

Dalam sambutannya, Imron menyampaikan, bahwa nilai-nilai kesetiakawanan sosial dalam kehidupan bangsa Indonesia, pada dasarnya telah ada sejak zaman nenek moyang. 

 

Menurutnya, sebagai bangsa yang merdeka, jiwa semangat tersebut merupakan potensi spiritual dan sekaligus sebagai perekat persatuan dan kesatuan dari seluruh etnik.

 

"Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh di dalam masyarakat sejak dahulu perlu dilestarikan," kata Imron.

 

Jiwa dan semangat kebersamaan serta kegotongroyongan, kekeluargaan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih yang tumbuh di dalam masyarakat, lanjut Imron, harus senantiasa dikembangkan, direvitalisasi, dan didayagunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Saat ini, bangsa Indonesia tidak lagi menghadapi peperangan, akan tetapi dihadapkan pada berbagai masalah sosial," sambung Imron.

 

"Sehingga, kekuatan yang berupa jiwa dan semangat kesetiakawanan sosial, harus diperkokoh dan diarahkan untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai masalah sosial yang semakin kompleks," tambahnya. 

 

Ia juga mengungkapkan, bahwa pembangunan kesejahteraan sosial tidak mungkin dilaksanakan oleh pemerintah sendiri, melainkan juga harus dilaksanakan secara sinergis antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

 

Imron mengharapkan, pemerintah tetap memposisikan diri, bukan sebagai provider pembangunan, tetapi lebih pada perannya sebagai fasilitator, regulator dan pengendali. 

 

Aku Imron, guna mencapai kondisi tersebut, perlu dibangkitkan spirit kebersamaan pada masyarakat untuk dapat mengatasi masalah dan memenuhi kebutuhannya berdasarkan potensi yang dimilikinya sendiri. 

 

"Maka dalam rangka menanamkan nilai-nilai keperintisan, kepahlawanan, dan kejuangan, saya berharap, jiwa kesetiakawanan sosial dan kepedulian sosial yang ada di masyarakat Kabupaten Cirebon agar terus dikembangkan, diperkuat dan diperkokoh untuk mengatasi permasalahan sosial yang semakin meningkat dan kompleks," pinta Imron. (DISKOMINFO)