KOTA BANDUNG- Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin membuka Forum Perangkat Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Jabar di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (22/2/2024). 

 

Bey dalam sambutannya mengemukakan, kegiatan tersebut merupakan momentum baik dalam menyamakan visi dan persepsi terkait arah pembangunan Jawa Barat. 

 

"Perencanaan dengan pendekatan partisipatif, salah satu pendekatan melibatkan semua pihak yang berkepentingan terhadap pembangunan," katanya. 

 

Forum dihadiri Penjabat Sekda Jabar Taufiq Budi Santoso dan sekda kabupaten dan kota di Jabar. 

 

Bey menyebut, sekretariat daerah (setda) merupakan benteng utama dari birokrasi di daerah, termasuk kabupaten kota. 

 

"Kemajuan atau kegagalan ada di pundak sekda baik kabupaten, kota maupun provinsi. Sekda harus taat pada aturan, juga memberikan pemahaman kepada pimpinannya," ujar Bey. 

 

Ia mengingatkan pula agar sekda menjaga integritas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan yang baik serta mengawal implementasi program pembangunan yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

 

"Saya ingatkan bahwa kegiatan yang dilakukan diprioritaskan untuk peningkatan pelayanan publik yang benar-benar dirasakan masyarakat," katanya. 

 

Tak hanya itu, Bey mengingatkan pengelolaan keuangan daerah harus akuntabel, efektif, dan adanya kehati-hatian dalam pengadaan barang dan jasa. 

 

"Tetap harus kompetitif, transparan, dan mendorong dunia usaha untuk berkembang secara profesional," ujarnya. 

 

"Ingatkan pula perilaku ASN yang sesuai dengan _core value_ BerAKHLAK, terutama untuk menjauhkan diri dari perbuatan tercela dan bebas korupsi," tambah Bey.

 

Ia berharap melalui forum perangkat daerah itu dapat mencapai tujuan dan sasaran pembangunan di Jabar, terutama dalam pelibatan peran setda sebagai unit penunjang yang strategis. 

 

"Saya berharap forum ini dapat memperoleh tujuan yang sama, yaitu memajukan Jawa Barat, juga kota dan kabupaten di Jabar," tutup Bey.

 

 

HUMAS JABAR

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jabar

Ika Mardiah