KABUPATEN CIREBON -- Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk memberikan kenyamanan dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan membangun dan melakukan revitalisasi sejumlah pasar, baik milik pemerintah daerah maupun pasar milik desa.

 

Seperti pada hari Kamis (28/12/2023), Pemerintah Kabupaten Cirebon meresmian Pasar Rakyat Desa Windujaya, Kecamatan Sedong.

 

Pembangunan Pasar Desa Windujaya Sedong menggunakan anggaran yang sumber pembiayaannya berasal dari Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia yang menelan biaya Rp2,7 miliar lebih ini, mampu membuat pasar rakyat ini menjadi lebih nyaman dan asri.

 

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cirebon, Dadang Raiman, S.Pd, membacakan sambutan Bupati Cirebon, yang mengatakan bahwa tujuan pembangunan Pasar Desa Windujaya Sedong ini adalah didasarkan atas pemenuhan tuntutan kebutuhan dan masyarakat sekitar yang berjualan di bahu jalan.

 

Menurutnya, kondisi demografi Desa Windujaya yang perbukitan dan buah mangga menjadi sektor andalannya. Selain mangga, di wilayah ini juga mempunyai lahan pertanian dan perkebunan yang menghasilkan banyak komoditas yang tidak kalah kualitasnya dengan daerah lain.

 

"Sebagian besar warga Desa Windujaya dalam kesehariannya, berbelanja bahan pokok sehari-hari, seperti sayur mayur, beras, lauk pauk dan lainnya kepada pedagang yang berjualan di bahu jalan-jalan desa. Sehingga Pemkab Cirebon membangunkan pasar untuk masyarakat Desa Windujaya," kata Dadang.

 

Lebih lanjut, Dadang mengungkapkan, pasar rakyat merupakan salah satu sarana distribusi perdagangan secara tradisional sebagai tempat aktifitas masyarakat, dalam melakukan perdagangan atau jual beli berbagai macam kebutuhan, terutama kebutuhan pokok masyarakat .

 

"Salah satu fungsi pemerintah dalam penyediaan sarana distribusi perdagangan, yaitu dengan pembangunan pasar rakyat, yang bermanfaat untuk membantu memperlancar proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen,” jelas Dadang.

 

“Selain itu, pasar juga bermanfaat sebagai sarana promosi, yang menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan suatu barang atau jasa pada konsumen," imbuhnya.

 

Ia juga menyebut, wilayah Sedong, khususnya Desa Windujaya, memiliki potensi ekonomi yang cukup tinggi. Pasalnya, Desa Windujaya merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon dengan jumlah penduduk sebanyak 4.329 jiwa. 

 

"Semoga dengan adanya pembangunan Pasar Rakyat di Desa Windujaya, dapat memberikan banyak manfaat. Bukan hanya untuk warga Desa Windujaya saja, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat wilayah Sedong dalam hal transaksi jual beli barang atau jasa. Selain itu, diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian daerah," harapnya.

 

Dadang juga berpesan kepada para pengelola dan para pedagang pasar, untuk selalu menjaga keamanan dan kebersihan. 

 

"Jagalah dan peliharalah sarana-sarana yang ada dalam lingkungan pasar ini. Sehingga menjadikan pasar ini, pasar yang aman, nyaman, bersih dan asri," tutupnya. (DISKOMINFO)