KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman Kantor Bupati Cirebon, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (10/11/2023).

 

Menurut amanat Menteri Sosial, Tri Rismaharini, yang dibacakan oleh Bupati Cirebon, Hari Pahlawan merupakan sebuah peringatan yang sangat bermakna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Tahun ini, Hari Pahlawan di seluruh wilayah Republik Indonesia mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan".

 

“Tema itu diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata,” ujar Imron.

 

Imron menyebutkan, sesuatu hal yang mengancam saat ini harus dihadapi berdasarkan semangat yang dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

 

Menurutnya, para pahlawan telah mengajarkan nilai-nilai perjuangan, dan nilai-nilai tersebut dipastikan membawa jejak kemenangan.

 

“Pahlawan adalah orang yang menonjol, karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri,” lanjut Imron.

 

Selain itu, masih kata Imron, para pejuang terdahulu sudah mengajarkan Indonesia untuk tidak menjadi bangsa yang pecundang dan tidak pernah rela untuk bersimpuh maupun menyerah kalah. 

 

Saat ini, untuk melanjutkan perjuangan bangsa, generasi penerus bisa melakukan upaya untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mewujudkan masa depan yang lebih baik.

 

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” pungkasnya. (DISKOMINFO)