KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag melepas Kirab Pemilu 2024 di Stadion Ranggajati, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (18/11/2023).

 

Dilaksanakannya kirab tersebut, salah satu tujuannya untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, bahwa pada tanggal 14 Februari 2024 nanti bakal dilaksanakan Pemilu.

 

Nantinya, Kirab Pemilu ini akan berlangsung selama empat hari berkeliling ke sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon.

 

Dalam pelaksanaan Pemilu nanti, masyarakat bisa memilih pasangan calon presiden dan wakil presiden, anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), hingga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi maupun kabupaten.

 

“Saya minta kepada masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, agar datang ke TPS (tempat pemungutan suara) pada 14 Februari 2024 nanti,” ujar Imron.

 

Selain itu, Imron juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon untuk menjaga kondusifitas.

 

“Meskipun beda pilihan, kita semua harus menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika. Jaga kebersamaan dan kondusifitas,” sambungnya.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Dr. Sopidi, M.A menyebutkan, Kirab Pemilu 2024 ini merupakan salah cara untuk mengedukasi masyarakat terkait pemungutan suara.

 

Terpenting, kata Sopidi, kirab tersebut pun sebagai cara menjadikan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

 

“Pemilu adalah metode untuk menyatukan seluruh elemen bangsa. Ajang ini harus dijadikan sebuah perekat, jangan dijadikan sebagai disintegrasi bangsa,” kata Sopidi.

 

KPU berharap, masyarakat di Kabupaten Cirebon untuk menyambut Pemilu 2024. Dipastikan, 84 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) menyalurkan hak suaranya pada pesta demokrasi tersebut. (DISKOMINFO)