KABUPATEN CIREBON -- Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, S.E, M.Si membuka acara Job Fair (bursa kerja) di SMK Nasyrul Ulum, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Kamis (16/11/2023).

 

Wabup Cirebon yang akrab disapa Ayu ini menyebutkan, acara tersebut merupakan bagian dari sinergitas antara pemerintah daerah dengan sekolah menengah kejuruan yang ada di Kabupaten Cirebon.

 

“Upaya ini dilakukan untuk menyediakan banyak lapangan kerja dan menurunkan angka pengangguran,” kata Ayu.

 

Ayu menyebutkan, Job Fair yang digelar oleh SMK Nasyrul Ulum ini, membantu Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam upaya menurunkan angka pengangguran.

 

Melalui Job Fair tersebut, kata Ayu, beberapa perusahaan mengenalkan dan memberikan informasi mengenai lowongan kerja, terutama kepada para siswa yang baru saja menyelesaikan pendidikannya selama tiga tahun.

 

“Ini juga sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Cirebon, selain mengenalkan informasi lowongan kerja,” tambahnya.

 

Di tempat yang sama, Dewan Pengawas SMK Nasyrul Ulum, Waryanto mengatakan, setiap tahunnya, 98 persen lulusan dari SMK Nasyrul Ulum ini terserap kerja. 

 

Bahkan, ada beberapa siswa yang masih duduk di kelas XII, sudah diminta oleh perusahaan untuk bekerja selepas lulus.

 

Selain itu, pihaknya juga mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon agar bisa menggunakan produk hasil karya para siswa SMK Nasyrul Ulum.

 

“Salah satu contoh, anak-anak SMK di sini bisa produksi kaos. Pemerintah juga jangan ragu memesan dari kami,” kata Waryanto. (DISKOMINFO)