KABUPATEN CIREBON -- Pemerintah Kabupaten Cirebon meresmikan Alun-alun Pataraksa yang ada di Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jum'at (10/11/2023).

 

Penandatanganan prasasti dilakukan langsung oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag, didampingi Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Dr. H. Hilmy Riva'i, M.Pd beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Cirebon.

 

Usai peresmian, Bupati Imron bersama rombongan meninjau Alun-alun Pataraksa yang merupakan ikon baru Kabupaten Cirebon. Terlihat beberapa fasilitas umum yang dapat dinikmati masyarakat, seperti gapura tradisional maupun gapura modern, tempat bermain anak, jogging track, dan lainnya.

 

Imron mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan adanya Alun-alun Pataraksa ini. Menurutnya, tempat ini menjadi ikon baru Kabupaten Cirebon.

 

"Taman di alun-alun Pataraksa itu sebagai tanda bahwa kita ada taman untuk rekreasi, bisa bersantai atau sekedar ngobrol-ngobrol bersama teman dan keluarga," katanya.

 

Ia berharap, dengan adanya Alun-alun Pataraksa ini, masyarakat ikut membantu menjaga kebersihan dan kenyamanannya. 

 

"Mari bersama-sama menjaga kebersihan, ini merupakan tempat bagi masyarakat untuk berkumpul dan bermain bersama keluarga," ujarnya.

 

Imron mengungkapkan, kedepan tidak hanya Alun-alun Pataraksa saja, bahkan pihaknya menginginkan adanya hal serupa seperti Pataraksa ini.

 

"Kedepan, ingin ada Alun-alun lain yang dibangun sebagus ini di Kabupaten Cirebon, agar masyarakat mempunyai tempat bermain dan bisa menghabiskan waktu bersama keluarga," harapnya.

 

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE., M.Si mengatakan, Alun-alun Pataraksa ini bisa membuat Kabupaten Cirebon jadi lebih indah.

 

Sehingga, pihaknya meminta masyarakat untuk ikut menjaga ikon Kabupaten Cirebon yang terbaru ini.

 

"Dengan adanya alun-alun ini, masyarakat harus ikut memeliharanya dengan baik, agar bisa dirasakan manfaatnya lebih lama lagi. Jadi, taman di Alun-alun Pataraksa ini bisa jadi tempat bermain anak dengan gratis," ujarnya.

 

Seperti kita ketahui, Alun-alun Pataraksa dilakukan pembangunan tahap pertama tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp11,6 miliar.

 

Dan kembali dilanjutkan pembangunan tahap kedua di tahun 2023 dengan anggaran kurang lebih Rp4,5 miliar dengan menggunakan bantuan keuangan dari Provinsi Jawa Barat. (DISKOMINFO)