KABUPATEN CIREBON -- Pemerintah Kabupaten Cirebon meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta memberikan rasa aman dan kondusifitas saat Pemilu 2024 mendatang.

 

Hal tersebut diungkapkan Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag saat menghadiri Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 di Mapolresta Cirebon, Selasa (17/10/2023).

 

Imron mengucapkan banyak terimakasih kepada jajaran Polri dan TNI yang sudah memberikan rasa aman di wilayah Kabupaten Cirebon menjelang Pemilu 2024 mendatang.

 

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Cirebon mengucapkan banyak terimakasih kepada Polresta dan TNI, mudah-mudahan Pemilu 2024 ini adem, aman, kondusif dan tidak menimbulkan permasalahan," ujar Imron.

 

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, S.I.K, M.H, mengatakan, pihaknya akan melibatkan ribuan personel dalam rangkaian Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024. Bahkan untuk pengamanan Pemilu 2024 di Kabupaten Cirebon, Polresta Cirebon mengerahkan 1268 personel.

 

"Ribuan personel tersebut bakal dibagi menjadi beberapa satuan tugas (satgas) untuk memastikan pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah hukum Polresta Cirebon berjalan aman dan kondusif," kata Arif..

 

Arif menjelaskan, untuk pelaksanaan Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 ini cukup panjang, yakni selama 222 hari, terhitung mulai tanggal 19 Oktober 2023 hingga Pemilu 2024.

 

Sehingga dengan waktu yang cukup panjang ini, jumlah personel yang dilibatkan juga cukup besar, termasuk untuk mengantisipasi situasi kontijensi di Kabupaten Cirebon.

 

"Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 ini tidak hanya melibatkan kekuatan unsur kepolisian, tetapi seluruh komponen dari mulai TNI, Pemda, dan stakeholder lainnya untuk memastikan kesiapan pengamanan Pemilu 2024, khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon," lanjutnya.

 

Selain Pemilu 2024, Arif mengungkapkan, jajarannya juga turut menyiapkan pengamanan untuk pelaksanaan Pilwu Serentak 2023 di Kabupaten Cirebon yang digelar pada 22 Oktober 2023. 

 

Pasalnya, pada Pilwu serentak ini menjadi satu rangkaian pengamanan, yang nantinya akan dilaksanakan serah terima pasukan.

 

"Kami juga akan membagi ribuan personel yang dilibatkan dalam operasi tersebut menjadi beberapa satgas. Dari mulai Satgas Pengamanan, Satgas Cooling System, dan lainnya, untuk memastikan kondusifitas Kabupaten Cirebon agar tetap terjaga selama rangkaian Pemilu 2024 maupun Pilwu Serentak 2023," jelas Arif.

 

Ia juga mengungkapkan, pola semacam itu disiapkan sebagai upaya pengelolaan Kamtibmas yang disiapkan seluruh stakeholder secara optimal untuk mewujudkan kontestasi pesta demokrasi, baik Pilwu Serentak 2023 maupun Pemilu 2024 di Kabupaten Cirebon agar berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

 

"Pada prinsipnya, Polresta Cirebon didukung TNI, Pemerintah Kabupaten Cirebon dan seluruh komponen masyarakat siap mengamankan, sekaligus menjaga kondusifitas Kamtibmas di Kabupaten Cirebon selama pelaksanaan kontestasi pesta demokrasi, baik Pilwu Serentak 2023 maupun Pemilu 2024," pungkasnya. (DISKOMINFO)