KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag bersama Ketua TP PKK Kabupaten Cirebon, Dra. Hj. Nunung Roosmini mendampingi Tim Recheking Ruang Lingkup Gelari Pelangi tingkat Provinsi Jawa Barat di Desa/Kecamatan Klangenan, Jum'at (28/7/2023).

Imron mengatakan, bahwa Gelari Pelangi adalah gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pengelola ekonomi, pemberdayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat.

"Gelari Pelangi ini akan menjadi tolak ukur pembangunan yang perlu mendapatkan prioritas penanganan secara terencana, terpadu, terstruktur, merata dan berkualitas yang bersendikan kearifan lokal melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga," kata Imron.

Imron menjelaskan, ada beberapa program unggulan Gelari Pelangi di Kabupaten Cirebon, diantaranya gerakan gemar membaca, menggerakkan keluarga dalam hal pendidikan, keterampilan, penguatan ekonomi keluarga melalui pemanfaatan potensi sumber daya yang dimiliki, serta pengembangan usaha peningkatan pendapatan keluarga, pembentukan dan pengembangan Koperasi.

"Gerakan gemar membaca bertujuan untuk membudidayakan minat baca melalui penyediaan taman bacaan. Menggerakkan keluarga dalam pendidikan dan keterampilan untuk anak sekolah maupun anak putus sekolah," lanjutnya.

"Penguatan ekonomi keluarga dengan pemanfaatan potensi sumber daya yang ada, serta mengembangkan kreativitas melalui UMKM berbasis teknologi informasi," imbuhnya.

Ia mengungkapkan, Tim Penggerak PKK merupakan salah satu lembaga kemasyarakatan yang tumbuh berkembang di tengah-tengah masyarakat. 

Pasalnya, mereka sebagai mitra pemerintah desa yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

"Dalam konteks masyarakat, keluarga merupakan unit terkecil yang sangat berarti dalam proses pembangunan, karena objektif keluarga merupakan parameter bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya," ungkap Imron.

Ia berharap, dengan adanya Tim Recheking Gelari Pelangi dari Provinsi Jawa Barat bisa membuat Desa Klangenan menjadi yang terbaik. 

"Semoga Desa Klangenan bisa menjadi juara pertama lomba Recheking ruang lingkup Gerali Pelangi tingkat Jawa Barat," harapnya. 

Di tempat yang sama, Kuwu Desa Klangenan Kabupaten Cirebon, Rahmat Hidayat menyambut baik dengan kedatangan Tim Recheking Jawa Barat dan Pemda Kabupaten Cirebon.

"Para ibu-ibu mempersiapkan untuk kegiaan ini dari subuh, tetapi yang saya senang, ini merupakan kebiasaan warga, tidak hanya untuk ikut lomba tetapi kebiasaan yang mereka persembahkan hari ini merupakan hal yang terbiasa dilakukan di Desa Klangenan," singkatnya. (DISKOMINFO)