KABUPATEN CIREBON -- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri kegiatan latihan aksi khusus Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI di Pelabuhan Cirebon, Jum'at (16/6/2023).

Imron menyebutkan, adanya latihan yang dilakukan oleh TNI ini harus mampu memerangi aksi terorisme. Sehingga, kesatuan NKRI tetap terjaga.

“Untuk membangun suatu negara, perlu adanya kedamaian dan juga ketenangan di masyarakat," ujar Imron saat ditemui di Pelabuhan Cirebon. 

Dirinya sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Cirebon sebagai tempat latihan. "Terima kasih kepada TNI yang sudah memilih Cirebon sebagai tempat untuk latihan,” lanjutnya.

Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letnan Jenderal (Letjen) TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M mengatakan, latihan tersebut dilakukan oleh Koopssus yang terdiri dari tiga matra, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU).

Skenario dalam latihan tersebut, Koopssus membebaskan beberapa orang di darat dan di kapal, lantaran disandera oleh kelompok yang bertentangan dengan pemerintah.

Bambang menyebutkan, penyelamatan dilakukan melalui jalur udara, darat, hingga laut. “Dalam latihan ini, semua berjalan aman dan lancar, tanpa ada yang cidera,” ujar Bambang.

Menurut Bambang, latihan tersebut perlu dilakukan untuk tetap menjaga kesiapsiagaan personel TNI. Sehingga, bila diperlukan, pasukan khusus itu akan bergerak sesuai kekuatannya.

“Koopssus ini memang belum melakukan operasi. Tetapi, kalau memang dibutuhkan sangat siap, karena sudah latihan,” ungkap Bambang. (DISKOMINFO)