KABUPATEN CIREBON -- Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE MSi membuka Rapat Koordinasi Gerakan Bersama Percepatan Penanganan Stunting di Kabupaten Cirebon Tahun 2022. Acara ini diselenggarakan di Hotel Apita Cirebon, Rabu (26/10/2022). Dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, para Kepala SKPD Kabupaten Cirebon, para Pimpinan Perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Cirebon yang akrab disapa Ayu ini, mengatakan bahwa dimasa pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari 2 tahun, telah dirasakan dampaknya terutama di bidang kesehatan dan gizi masyarakat. Dampak tersebut sangat berpotensi meningkatkan angka stunting.

“Persoalan stunting bukan hanya persoalan bangsa di masa sekarang saja, melainkan menyangkut masa depan anak-anak yang akan berdampak kepada masa depan bangsa, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa,” tutur Ayu. ”Merekalah masa depan kita. Untuk itu, saya ingin menekankan bahwa Pemerintah Daerah sangat serius mengupayakan penurunan stunting,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ayu mengatakan, persoalan stunting adalah persoalan yang multi sektoral, sehingga membutuhkan keterlibatan semua pihak, antara pemerintah daerah, SKPD, desa dan kelurahan. ”Bukan hanya itu, bahkan harus melibatkan akademisi, media, bahkan swasta,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi balita yang mengalami stunting di Kabupaten Cirebon sebanyak 15.299 orang. Dan hanya sekitar seribuan yang bisa ditangani oleh pemerintah daerah, karena anggaran yang tidak tersedia. ”Pemerintah daerah berkewajiban memenuhi kecukupan gizi masyarakat, saya meminta kepada seluruh perangkat daerah bersama stockholder terkait upaya pemenuhan gizi masyarakat bisa tetap terpenuhi,”

Hal tersebut dilakukan sebagai implementasi program CSR. Dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cirebon, Ayu mengajak segenap BUMD, BUMN, swasta untuk berkolaborasi dan bermitra untuk bersama-sama dalam upaya pencegahan dan penanganan stunting di Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya tak lupa menyampaikan terima kasih kepada seluruh komponen atas kerjasama dan dukungannya dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting di Kabupaten Cirebon selama ini.

”Semoga Allah SWT senantiasa memberikan inayah-nya dan meridhoi semua ikhtiar yang kita lakukan. Mari kita bersinergi dan kolaborasi untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (DISKOMINFO)