Kabupaten Cirebon -- Provinsi Jawa Barat menjadi tuan rumah Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) ke-XXIII. Kali ini, Cirebon didapuk sebagai tempat perhelatan para inovator TTG se-Nusantara yang digelar pada tanggal 19-21 Oktober 2022 di Hotel Aston Cirebon.

Gelaran tersebut dihadiri oleh 1.136 peserta dari seluruh provinsi di Indonesia dan dibuka langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar yang hadir bersama Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi.

Turut hadir pula Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid, kepala daerah se-Indonesia, pejabat tinggi madya dan pratama di Kemendes, Kepala Dinas PMD se-Indonesia, para kepala desa dan pendamping desa.

TTG menjadi variabel penting bagi peningkatan produktivitas warga desa. Dalam arah kebijakan pembangunan desa, pengembangan dan penggunaan TTG merupakan pencapaian tujuan SDGs Desa ke-9, yaitu infrastruktur dan inovasi sesuai kebutuhan.

Untuk diketahui, sejak 1999, Gelaran TTGN diselenggarakan secara rutin setiap tahun. Event ini menampilkan TTG dari desa terbaik masing-masing provinsi dan dilombakan berjenjang dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional.

Gelar TTGN ke-XXIII merupakan puncak kegiatan dari rangkaian lomba yang telah digelar sebelumnya. Kegiatan ini diikuti oleh 52 inventor, yang terdiri dari inovasi TTG dengan peserta sebanyak 20 inovator, TTG unggulan dengan peserta sebanyak 19 inovator, dan Posyantek Desa Berprestasi sebanyak 13 Posyantek. (DISKOMINFO)