Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE M.Si menghadiri langsung undangan untuk mendengarkan arahan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center, Kamis (29/9/2022).

Acara ini dibuka langsung oleh Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden dan seluruh Menteri RI. Dihadiri pula oleh Gubernur se-Indonesia, Forkopimda Provinsi se-Indonesia, Kepala Daerah Bupati/Walikota se-Indonesia, kepala lembaga, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), para Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam), para kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), dan seluruh kepala Kejaksaan Tinggi.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengingatkan bahwa dunia sekarang dalam kondisi sulit. “Ekonomi dunia sedang tidak menentu, mulai dari krisis pangan dunia, krisis energi, penyesuaian harga BBM, krisis finansial serta inflasi yang menjadi momok dan tugas berat di setiap negara dan daerah,” ujarnya.

Wabup Ayu mengungkapkan, ada tiga poin dalam pengarahan Presiden tersebut, diantaranya mengenai pengendalian inflasi di daerah, tindak lanjut aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan pembahasan mengenai Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

Presiden Jokowi meminta terkait aksi afirmasi BBI agar terus didorong realisasinya. Secara khusus, Presiden juga menekankan untuk membeli produk yang diproduksi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta koperasi. “Saya minta kepada seluruh kepala daerah agar terus membina UMKM dan koperasi yang ada di daerah masing-masing agar berbondong-bondong masuk ke E-katalog,” tegas Presiden.

Begitu juga dengan P3KE, dirinya meminta jajarannya untuk kerja bersama dalam mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem di tanah air. Pemerintah menargetkan kemiskinan nol persen pada tahun 2024.

Menanggapi instruksi tersebut, Ayu mengaku siap menjalankan arahan dan pesan dari orang nomor satu di RI itu. "Dengan adanya arahan Bapak Presiden, maka Kabupaten Cirebon menyatakan siap menjalankan arahan dan pesan dari orang nomor satu di Republik Indonesia, dalam hal ini Presiden Jokowi," ungkap Ayu.

Untuk menangani berbagai urusan yang disampaikan Presiden, menurutnya perlu diterapkan kebijakan dan strategi secara cermat oleh pemerintah daerah sesuai dengan alokasi anggaran. Adapun terkait penanggulangan inflasi, dirinya akan terus berupaya maksimal dengan cara menekan jumlah kemiskinan, khususnya di daerah Kabupaten Cirebon. (DISKOMINFO)