KABUPATEN CIREBON — Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Palang Merah Indonesia (PMI) menargetkan donasi pada program Bulan Dana Kemanusiaan PMI 2024 terkumpul hingga Rp 1,3 miliar.

Pemerintah daerah dan PMI Kabupaten Cirebon menyasar seluruh elemen untuk saling bergotong royong pada Bulan Dana Kemanusiaan.

“Optimis (tercapai) untuk target Rp1,3 miliar ini, karena yang menjadi sasaran pendidikan terutama anak-anak SD dan SMP, sekarang SMA masuk. Perusahaan-perusahaan sudah welcome dengan kegiatan ini,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Dr H Hilmy Riva’i MPd usai kegiatan Bulan Dana Kemanusiaan di ruang Nyi Mas Gandasari Setda Kabupaten Cirebon, Selasa (24/9/2024).

Hilmy mengatakan, dengan anggaran yang didapat dari Bulan Dana Kemanusiaan PMI 2024 bisa membantu urusan kemanusiaan di Kabupaten Cirebon, seperti bantuan kemanusiaan saat kemarau dan banjir.

“PMI tak hanya sekadar urusan darah, tapi urusan kemanusiaan lainnya kita bantu,” lanjut Hilmy.

“Musim kemarau, kita berkontribusi bantuan air. Musim hujan, kita antisipasi korban banjir,” ucapnya menambahkan.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Cirebon, Sri Heviayana mengatakan, program Bulan Dana Kemanusiaan PMI merupakan agenda rutin. Ia menjelaskan, saat ini PMI Kabupaten Cirebon masih bergantung pada APBD.

“Jadi, bulan dana ini diperuntukkannya bukan hanya tentang penanganan bencana, melainkan pembinaan relawan dan PMR. Dengan adanya bulan dana ini, kita terus bergerak,” ucap Heviyana.

Ia menyebut, PMI Kabupaten Cirebon tak hanya rutin membantu di wilayahnya, tetapi kerap juga membantu daerah lain, seperti Garut, Cianjur, Bandung, dan lainnya. Ia berharap, bulan dana berjalan lancar dan mencapai target.

Senada disampaikan Ketua Bulan Dana Kemanusiaan PMI Kabupaten Cirebon, H Ronianto SPd MM. Ia optimis bulan dana mencapai target Rp1,3 miliar.

“Nanti sasarannya PNS, sesuai dengan edaran camat melalui kupon, optimis tercapai. Ini menyasar semua elemen masyarakat, TNI dan Polri juga. Kalau masyarakat nanti bisa pakai rekening donasinya,” katanya. (DISKOMINFO).